Operator telekomunikasi di Korea selatan mulai menawarkan layanan jaringan internet super cepat 5G pada Rabu (3/4/2019) pada malam, waktu setempat. Upaya ini dilakukan untuk memastikan Korea Selatan menjadi negara pertama yang menggunakan jaringan 5G.

Jaringan 5G ini pertama kali diluncurkan oleh operator seluler Korea Selatan beberapa jam sebelum operator dari Amerika Serikat, Verizon, mulai peluncuran komersialnya di beberapa wilayah Minneapolis dan Chicaho.

Sebelumnya pihak operator berencana meluncurkan layanan 5G pada hari jumat (5/4) tetapi beberapa jam setelah pertemuan antara operator dan regulator pemerintah yang memodifikasi persyaratan layanan sehingga perusahaan dapat memulai lebih awal.

Operator tersebut mengatakan smartphone dengan konektivitas 5G ini nantinya mampu mengunduh data 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan perangkat 4G, yang memungkinkan pengguna dapat mengunduh berkas film dengan secepat mungkin. Perusahaan juga mengatakan, jaringan yang memiliki kecepatan ini akan meningkatkan kualitas siaran langsung dan layanan streaming untuk musik, video dan bahkan dapat dijangkau untuk layanan virtual reality.

Pada Kamis (4/3/2019) pagi, pemerintah Korsel mengeluarkan pernyataan yang mengklaim telah mengalahkan Verizon dua jam untuk memulai layanan komersial 5G pertama di dunia, sebagaimana diwartakan Korea Herald.

Meskipun Korsel kini lebih unggul sebagai yang pertama, namun jaringan 5G dari Verizon akan dibarengi dengan peluncuran smartphone 5G Motorola yang kemudian disusul Samsung Galaxy S10 5G pada hari Jumat mendatang.