Sekarang ini sering kali kita melihat cuitan di sosial media seputar revolusi industri 4.0. sebenarnya apa sih industri 4.0 itu? Mungkin banyak dari kita masih belum mengetahui apa itu industri 4.0. Revolusi industri 4.0 adalah industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Ini merupakan tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Ini termasuk sistem cyber-fisik, Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif.

Nah awal mulanya terjadi revolusi Industri berkisar antara tahun 1750-1850 Bermula dari penemuan mesin uap, mesin sederhana ini kemudian diaplikasikan dalam berbagai mesin yang dapat memperbanyak produksi barang di eropa. Dengan demikian, barang-barang dapat dihasilkan dalam jumlah banyak dengan waktu yang relatif singkat. Hari ini, revolusi industri keempat mengubah ekonomi, pekerjaan, dan bahkan masyarakat itu sendiri. Di bawah pengertian apa itu Industri 4.0, banyak teknologi fisik dan digital yang digabungkan melalui analitik, kecerdasan buatan, teknologi kognitif, dan Internet of Things (IoT) untuk menciptakan perusahaan digital yang saling terkait dan mampu menghasilkan keputusan yang lebih tepat. Seperti pada penjelasan definisi Industri 4.0 sebagai lanjutan dari industri 3.0 yang menambahkan instrumen konektivitas untuk memperoleh dan mengolah data, otomatis perangkat jaringan, IoT, big data analytics, komputasi awan dan keamanan cyber merupakan komponen utama dalam industri 4.0

Di jaman yang teknologi semakin maju ini masyarakat siap atau tidak siap dituntut untuk bisa mengikutinya. Dimana kita lihat sekarang persaingan bisnis semakin ketat dan di era revolusi industri 4.0 mengintegrasikan produsen dengan jalur pasokan tanpa batas geografis.